Daerah

Desa Jeruklegi Wetan Kecamatan Jeruklegi Cilacap dilanda Bencana

79
×

Desa Jeruklegi Wetan Kecamatan Jeruklegi Cilacap dilanda Bencana

Sebarkan artikel ini

Juornal news // Cilacap Intensitas Hujan pada hari Minggu 6/3/2022 cukup lumayan lama .
Dua wilayah desa Jeruklegi Wetan Kecamatan Jeruklegi Kabupaten Cilacap mengalami bencana alam .

Dusun Gunung jaya tepatnya di RT 02 Rw 05 pemukiman penduduk dan area persawahan siap panen tergenang air hingga ketinggian 30 cm .
Yuswanto salah satu warga menuturkan wilayahnya diguyur hujan semalam pada pukul 03.00 dini hari menjadi puncak ganangan air .
Salah satu faktor sungai besar yang ada tidak mampu menampung debit air hingga meluap ke pemukiman penduduk dan area persawahan ucapnya .

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Di dusun Wanasri RT 05 RW 06 yang juga masih wilayah desa Jeruklegi Wetan Jalan desa yang merupakan akses warga keluar masuk mengalami kerusakan cukup parah .
Kerusakan jalan tsb juga dikarenakan intensitas hujan yang mengakibatkan tanah terkikis dan bemuat bahu jalan retak terbelah .

Pukul 8.30 Kepala desa Jeruklegi Wetan mendampingi petugas dari BPBD kabupaten Cilacap meninjau kedua lokasi bencana .
Turut hadir area bencana :

  • Babinsa Koramil 02 Jeruklegi .
  • Bhabinsakantibmas Polsek Jeruklegi
  • TKSK dari kecamatan Jeruklegi
  • Kadus / pamong desa JW .

Evi Sulistiawan SE ,Kepala desa Jeruklegi Wetan dihadapan awak media mengatakan dusun Gunung jaya memang rawan banjir terutama disaat musim hujan dengan intensitas cukup besar ,namun kami dari pemerintah Desa selalu berkordinasi dengan Forkopincam kecamatan jeruklegi untuk selalu mengantispasi ucapnya .
Lanyut Evi salah satunya kami juga sudah mengusulkan dibangunya proyek Normalisasi sungai dan insya Alloh akan terealisasi .
Kemudian Kades Jeruklegi Wetan ini menghimbau warganya untuk selalu waspada mengingat sekarang musim hujan pungkas nya .
Dari bencana ini ditaksir kerugian warga yg sawahnya tergenang air sebesar Rp .60 juta .

Sementara itu Sudiono dari dinas BPBD Kabupaten Cilacap dalam setetmannya mengatakan kami selalu sigap dalam penanggulangan bencana sekecil apapun ,seperti yang kami lakukan sekarang ini kami turun ke lapangan melihat langsung dan insya Alloh kami selalu kordinasikan dengan dinas terkait ucapnya .( Slamet wi )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *