Papua

Gelar PAW, Muhammad Akbar Resmi Gantikan Wagus Hidayat

62
×

Gelar PAW, Muhammad Akbar Resmi Gantikan Wagus Hidayat

Sebarkan artikel ini


SENTANI, JournalNews.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jayapura melaksanakan Rapat Paripurna Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Jayapura Pengganti Antar Waktu Periode 2019-2024, yang berlangsung di Ruang Sidang DPRD Kabupaten Jayapura, Kompleks Gunung Merah Sentani, Senin (4/4/2022).


Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Papua Nomor 155/123/Tahun 2022 tentang Peresmian Pemberhentian dan Pengangkatan Pengganti Antar Waktu Anggota DPRD Kabupaten Jayapura Periode 2019-2024. Dan sesuai Surat Pengunduran Diri H. Wagus Hidayat, selanjutnya dilakukan PAW dan melantik Muhammad Akbar sebagai Pengganti Antar Waktu dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten


Pada kesempatan ini, seluruh proses pelantikan dan pembacaan sumpah yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Jayapura Klemens Hamo, S.IP., dan menyaksikan seluruh anggota DPRD, perwakilan Forkompimda, Sekretaris Daerah Kabupaten Jayapura, serta pejabat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Jayapura.


Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro mewakili Pemerintah Kabupaten Jayapura, mengatakan penggantian antar waktu ini didukung oleh pemerintah daerah Kabupaten Jayapura, dan pelantikan ini diharapkan semakin meningkatkan sinergitas antara DRPD dan Pemerintah Kabupaten Jayapura yang telah berjalan selama ini.


“Mudah-mudahan dengan adanya pergantian antar waktu ini makin lebih disiplin lagi ketika sidang-sidang anggota dewan agar bisa kuorum dan memperlancar persidangan,” tegas Wakil Bupati Giri Wijayantoro di Gedung DPRD Kabupaten Jayapura, Kompleks Gunung Merah Sentani.


Lebih lanjut Wabup Giri mengatakan, pelaksanaan PAW kali ini bisa menjadi contoh juga buat kita yang lain. Karena biasanya kalau PAW itu diwarnai dengan ketegangan-ketegangan, bahkan terkadang sampai kursi-kursi melayang, tapi hari ini PAW berjalan dengan damai dan berjalan baik, serta penuh susasana keihklasan.


“Harus banyak belajar, bahwa masih banyak peluang-peluang untuk bisa mengabdi kepada bangsa dan negara. Saya sangat berharap keaktifan semakin lebih baik lagi daripada yang lalu,” paparnya menambahkan.


Sementara itu, Muhammad Akbar menyebutkan dirinya akan segera bekerja dan juga turun ke basis konstituennya untuk mengetahui apa saja yang menjadi permsalahan mendasar mereka.


“Saya akan turun ke basis saya dan menemui konstituen utuk mengetahui aspirasi apa yang mereka inginkan. kalau tugas bersama Fraksi saya akan melamjutkan apa yang sudah dibuat oleh pak Wagus,” tegas Muhammad Akbar
Pada saat yang sama, Ketua DPRD Kabupaten Jayapura, Klemens Hamo, mengucapkan selamat dan menyampaikan harapannya agar anggota dewan yang baru dilantik dapat menyesuaikan diri dengan anggota dewan yang lain. Selain itu, juga memiliki dedikasi dan tanggung jawab yang tinggi seta menjaga persatuan dan kesatuan sesama anggota dewan dan eksekutif.


“Hari ini, tanggal 4 April 2022 kita melakukan PAW tersebut. Sehingga surat keputusan dari gubernur bernomor 155 itu tidak boleh bertahan dan harus dilakukan. Maka itu, kita lakukan PAW hari ini,” ujarnya.


Untuk itu, Klemens Hamo berharap kepada anggota DPR yang baru dilantik agar dapat mengimbangi dan memahami fungsi DPR itu.


“Sehingga saat berada di lembaga DPR, tidak membawa ego-ego apapun. Karena di DPR ada mekanisme dan juga prosedur, untuk bagaimana kita memperjuangkan hak-hak masyarakat disini terutama konstituen yang dia wakili. Jadi kita harus pro aktif, kita harus koordinasi dan komunikasi tetap berjalan. Ada sesuatu apapun itu harus tetap komunikasi. Kalau sudah di lantik, berarti amanah dan tanggung jawabnya sudah dibebankan untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab konstitusional di lembaga ini,” ujar Legislator Partai NasDem Kabupaten Jayapura ini.


Sesuai aturan yang berlaku, kata Klemens Hamo, anggota DPR yang baru dilantik wajib hadir mengikuti rapat paripurna, wajib hadir rapat-rapat seperti di komisi, fraksi dan rapat internal DPR.


“Saya berharap kita bisa kerja-kerja cepat dan tepat bermanfaat bagi masyarakat, terus kita kompak selalu serta bersinergi dengan pemerintah daerah,” harapnya.


“Sementara kepada anggota dewan yang sebelumnya, kami berterima kasih kepada pak Wagus, yang solid, yang bagus dan terbaiklah kekompakan kita di DPR.

Mudah-mudahan yang ganti juga lebih terbaik lagi, itulah harapan saya,” pungkas Klemens Hamo di akhir wawancaranya. (RZR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *