Daerah

Setelah Ratusan Tahun, Keturunan Eyang Dalem Cikundul Menggelar Haolan

56
×

Setelah Ratusan Tahun, Keturunan Eyang Dalem Cikundul Menggelar Haolan

Sebarkan artikel ini

 

Cianjur, Yayasan Jayasasana Ariawiratanu bersama para tokoh masyarakat Desa Cijagang menggelar kegiatan Haolan Raden Aria Wiratanu Datar atau Eyang Dalem Cikundul kesekian ratus tahun di lokasi Makam Eyang Dalem Cikundul tepatnya di Desa Cijagang, Kecamatan Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin, (4/7/24) kemarin.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Menurut salah satu pengurus Yayasan, Kang Zia, mengatakan, Haolan Eyang Dalem Cikindul yang digelar khidmat tersebut merupakan kali pertama setelah sekian ratus tahun tidak pernah dilaksanakan.

” Nah! kami dari Yayasan Jayasasana Ariawiratanu merupakan keturunan dari eyang dalem cikundul berinisiatif melaksanakan kegiatan karena sudah sekian ratus tahun belum pernah dilaksanakan peringatan hari lahir eyang dalem cikunndul ini,” katanya.

Ia berharap dengan adanya kegiatan tersebut dapat mempererat tali silaturahmi para keturunan Bupati Cianjur pertama tersebut.

” kegiatan ini juga sebagai momen silaturahmi dan anjang sono keluarga eyang cikundul. Kiprah eyang cikundul selain sebagai pendiri Cianjur ( Bupati Cianjur pertama ) juga sebagai penyiar agama. Haol ini sebagai tongkak awal dengan kembali ketemunya keturunan eyang dalem cikundul,” pungkasnya.

Sementara tokoh Masyarakat sekaligus Panitia kegiatan, Asep Juna merasa berbahagia dengan diadakannya kegiatan Haolan Eyang Dalem Cikundul tersebut.

” Komentar saya sederhana, sangat berbahagia gembira dan ini semoga momen ini menjadi sebuah ihktiar semoga Cianjur ini menjadi lebih baik lagi kedepan khususnya wilayah desa kami Desa Cijagang karena memiliki situs yang berkaitan sangat erat dengan sejarah Cianjur,” ungkapnya.

Asjun mengutarakan karena dengan adanya makom leluhur atau pendiri Cianjur para keturunan atau sanak sodara dari Eyang Wiratanu akan semakin kompak dalam membangun Kabupaten Cianjur semakin lebih baik lagi.

” semoga kerabat atau keluarga besar turunan dari eyang wiratanu ini bisa lebih kompak karena selama ini kalo kata orang sunda sudah poekeun obor. Maka dari itu semoga dengan adanya ini bisa menjadikan upaya sebagai motovasi dan insfirasi untuk kebersamaan dan menjadi mitra strategis pemerintah untuk membawa cianjur ke arah yang lebih baik dengan pondasi kearipan lokal,” pungkas Asep Juna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *