Berita

PMI Kabupaten Cirebon Canangkan Kampung Donor Panongan

53
×

PMI Kabupaten Cirebon Canangkan Kampung Donor Panongan

Sebarkan artikel ini

Journal News.id.Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cirebon meresmikan pencanangan kampung donor. Tempatnya berlokasi di Desa Panongan Kecamatan Palimanan, Kamis (31/3/2022). Ketua PMI Kabupaten Cirebon, Sri Heviyana mengatakan, dibentuknya kampung donor karen ingin meningkatkan partisipasi masyarakat untuk melakukan donor darah.

“Tujuan lainnya adalah, mengedukasi masyarakat tentang manfaat donor. Nanti akan membentuk masyarakat yang memiliki jiwa peduli kepada sesama,” ungkapnya.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Menurutnya, kampung donor juga bisa dijadikan sebagai wadah pergerakan dan pelestarian pendonor darah. Sedangkan kampung donor di Panongan sangat berbeda dengan kampung donor yang ada di Indonesia. Malahan, di Jawa Barat sendiri, Kabupaten Cirebonlah sebagai pencetus pertama.

“Jadi sebetulnya kampung donor disini bisa dijadikan contoh, terlebih di Jawa Barat. Kami disini, berkolaborasi dengan SKPD terkait dan program SKPD bisa diterapkan di kampung donor ini,” jelasnya.

Dirinya mencontohkan, Dinas Pertanian bisa bekerjasama dengan karang taruna dan programnya bisa dilakukan di kampung donor. Mungkin juga dinas LH, terkait keterampilan pengolahan daur ulang sampah. Nanti, daur ulang sampah akan diterapkan di kampung donor.

“Kami juga didukung oleh BPJS mandiri. Dan kami juga bekerjasama dengan RS Hasna Medika dan RS Pasar Minggu. Ini bentuk kolaborasi yang luar biasa dan bisa semakin memajukan kampung donor Panongan,” aku Heviyana.

Sementara itu, Asisten Daerah I Asdullah Anwar yang mewakili Bupati Cirebon, menyambut baik dibentuknya kampung donor Panongan tersebut. Menurutnya, langkah tersebut merupakan langkah maju PMI Kabupaten Cirebon. Kerjasama dengan SKPD terkait, jelas akan bisa menaikan IPM di kampung donor.

“Atas nama bupati, kami mengapresiasi langkah maju yang dilakukan PMI Kabupaten Cirebon. Semoga dengan pencanangan kampung donor, bisa meningkatkan IPM pada masyarakat sekitar. Ini harus menjadi contoh kecamatan-kecamatan lainnya,” ungkap Asdullah.

Asdullah menambahkan, bupati sangat mendukung penuh dengan pencanangan kampung donor. Selain baru pertama di Jawa Barat, juga bisa menjadi contoh di Provinsi. Apalagi kerjasama yang terjalin menggandeng pihak Perbankan, rumah sakit dan BPJS.

“Mudah-mudahan bisa menjadi pilot project dan bisa mengangkat Kabupaten Cirebon di level nasional,” tukasnya.

Acara tersebut juga dihadiri anggota DPRD Komisi XI, PMI pusat, OJK, Bank BJB, Bank Indonesia, BPJS, Capil, Puskesmas serta pihak Rumah Sakit Hasna Medika.

Laporan:Sana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *