Politik

Draf Usulan Penambahan Dapil oleh PKB Diserahkan ke KPU Cianjur

×

Draf Usulan Penambahan Dapil oleh PKB Diserahkan ke KPU Cianjur

Sebarkan artikel ini

JOURNALNEWS.ID | CIANJUR – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), melalui Sekretaris Umumnya, Aziz Muslim usulan penambahan Daerah Pemilihan (Dapil) kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) dari yang asalnya lima, menjadi tujuh Dapil dalam menghadapi Pemilu 2024.

“Ini idealnya bagi Pemilu di Kabupaten Cianjur, untuk peningkatan kualitas keterwakilan, ” ujar Aziz Muslim kepada journalnews.id. Rabu (09/03/2024).

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Usulan tersebut didasarkan pada realitas Politik yang selama ini terjadi. Dimana seorang Anggota DPRD Kabupaten Cianjur sangat kesulitan menyambangi konstituennya akibat dari terlalu banyak dan luasnya kecamatan dalam satu Dapil.

“Akibatnya si legislator hanya optimal menyambangi konstituen dibeberapa kecamatan saja,” katanya.

Menurutnya, ada beberapa kecamatan yang patut dipisahkan dari Dapil sebelumnya. Misalnya Kecamatan Cianjur, Warungkondang dan Gekrong untuk Dapil satu. Kecamatan Pacet, Cipanas, Cugenang dan Sukaresmi untuk Dapil dua. Cikalongkulon, Mande, Karangtengah Dapil tiga. Lalu Kecamatan Sukaluyu, Ciranjang, Bojongpicung dan Haurwangi untuk Dapil empat.

“Sementara untuk Dapil 4 dan 5 tidak ada perubahan,” tutur Aziz Muslim.

Sedangkan untuk perolehan kursi perdapilnya, lanjut Aziz, adalah untuk Dapil satu ada 7 kursi yang diterbitkan, Dapil Dua 9 kursi, Dapil tiga 7 kursi, Dapil Empat 6 kursi, Dapil Lima 7 kursi, Dapil Enam 8 kursi dan Dapil Tujuh 6 kursi.

“Jadi, jumlahnya tetap 50 kursi anggota dewan yang perebutkan,” tandasnya.

Sementara Komisioner KPU Cianjur, Hilman Wahyudi menjelaskan, persoalan perubahan atau penambahan Dapil adalah otomatis dari KPU Pusat. KPU Cianjur hanya dimungkinkan merubah antar kecamatan, namun jumlah Dapilnya tetap lima.

“Karena kita terikat oleh peraturan yang berlaku,” ucap Hilman. (Rupen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *