Kesehatan

Cara Mengobati Mata Ikan Di Telapak Kaki

67
×

Cara Mengobati Mata Ikan Di Telapak Kaki

Sebarkan artikel ini

JOURNAL NEWS – Munculnya mata ikan di telapak kaki merupakan kondisi yang umum terjadi. Ini merupakan respon alami tubuh untuk melindungi kulit dari gesekan dan tekanan berulang yang dapat menyebabkan permukaan kulit menebal dan mengeras.  Jagung di telapak kaki sering disalahartikan sebagai kapalan, padahal sebenarnya berbeda. Bedanya, mata ikan cenderung kecil, terkadang nyeri, benjolan dengan inti keras di tengahnya.  Tekstur mata ikan bisa keras atau lunak. Jika terjadi di sela-sela jari kaki, mata ikan biasanya lunak karena area ini lembap. Pada saat yang sama, mata ikan keras dan sering muncul di telapak atau tepi kaki.  Cara mengatasi mata ikan di telapak kaki Mata ikan di telapak kaki dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan nyeri saat berjalan. Untuk mengatasi keadaan tersebut, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan, antara lain:

1. Gunakan batu apung

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Mata ikan yang tidak nyeri biasanya akan hilang dengan sendirinya. Namun, ada cara cepat mengatasi mata ikan di telapak kaki Anda yaitu dengan menggunakan batu asah.

Caranya sangat sederhana, yaitu dengan merendam kaki dalam air hangat, lalu gosok perlahan lubang-lubang kecil di telapak kaki dengan batu gerinda untuk mengikis kulitnya. Setelah selesai, aplikasikan pelembap pada area kulit yang terkikis.

2. Penggunaan obat-obatan

Anda juga bisa menggunakan penghilang mata ikan yang dijual di apotek. Ada juga penghilang mata ikan berupa plester yang dioleskan langsung ke mata ikan. Biasanya, plester ini mengandung asam salisilat yang melembabkan kulit dan mengurangi penebalan kulit.

Asam salisilat dapat bersifat panas dan menyebabkan kemerahan pada kulit akibat iritasi. Untuk menghindarinya, gunakan plester sesuai dengan petunjuk penggunaan. Jika kulit mengalami iritasi, segera lepaskan plester dan konsultasikan dengan dokter.

3. Lakukan operasi

Jika mata ikan tidak kunjung sembuh setelah pengobatan atau mengganggu aktivitas sehari-hari, dokter mungkin akan menganjurkan operasi pengangkatan mata ikan. Prosedur umumnya adalah operasi kecil yang hanya menggunakan bius lokal. Cara Mencegah Kekambuhan Mata Ikan

Jagung di telapak kaki bisa kambuh jika penyebabnya tidak dihindari. Salah satu hal yang dapat memicu jagung adalah penggunaan sepatu yang salah, seperti sepatu yang salah ukuran atau sering tidak memakai kaos kaki. Oleh karena itu, cara pencegahan jagung yang efektif adalah dengan menghindari pencetusnya.Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan, yaitu:

Kenakan sepatu yang pas untuk menghindari gesekan berulang pada kaki Anda.

Kenakan kaus kaki dengan sepatu Anda.

Hindari memakai sepatu hak tinggi terlalu sering, karena memberi tekanan berlebihan pada telapak kaki di kaki depan.

Jika berbelanja sepatu, disarankan sore atau malam hari, karena ukuran kaki biasanya lebih besar.

Selain cara-cara di atas, Anda juga disarankan untuk menjaga kaki tetap bersih dan kering serta memangkas kuku kaki secara teratur. Selain mencegah munculnya mata ikan, cara ini juga mengurangi risiko berbagai masalah atau penyakit pada kaki.

Meskipun ada banyak cara untuk mengobati mata ikan di telapak kaki, namun jika mata ikan semakin nyeri, bengkak, merah atau bahkan bernanah, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter. Selain itu, pasien diabetes juga harus mencari pengobatan tepat waktu untuk mata ikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *