Journal News.id_Keerom // Administrasi kependudukan merupakan syarat utama setiap warga negara untuk mendapatkan pelayanan dasar yang merupakan prioritas utama Pemerintah Kabupaten Keerom,” kata Bupati Piter Gusbager S.Hut, MUP saat menghadiri sekaligus meresmikan gedung baru Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Keerom, (16/3), Jalan. Trans Papua, Arso Kota.
Tampak hadir diantaranya, Sekdakab Keerom Trisiswanda Indra N, S.PT, Forkopinda Keerom, Para Asisten dan Pimpinan OPD Pemkab Keerom, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.
Pada kegiatan itu juga dilakukan pencanangan GEMAKESA (Gerakan Masyarakat Keerom Sadar Adminduk) yang ditandai dengan pelepasan balon ke udara oleh Bupati Piter Gusbager. Gemakesa merupakan perwujudan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA) sebagai salah satu program Nasional untuk tertib administrasi kependudukan sebagaimana amanat undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Administrasi Kependudukan.
Bupati Keerom Piter Gusbager dalam sambutannya mengemukan bahwa masih banyak masyarakat Kabupaten Keerom terutama yang berada di wilayah I dan II yang belum memiliki KTP.
“Di Arso Timur dan Waris masih sekitar 700-1000 orang yang belum memiliki KTP dengan berbagai alasan, bisa saja mereka tidak mengetahui cara mengurus KTP atau mereka belum memahami manfaat KTP itu sendiri, maka diharapkan Disdukcapil dapat memastikan seluruh warga Keerom memiliki KTP yang merupakan dokumen pribadi yang menjadi hak warga negara,” pungkasnya.
Sementara itu, Kadis Dukcapil Antonius Ama Bolen, SE, MM pada awak media menjelaskan bahwa program GEMAKESA dicanangkan dalam semangat HUT ke-20 Kabupaten Keerom.
“Kita ketahui bersama bahwa pelayanan administrasi kependudukan masyarakat menjadi perhatian serius Bapak Bupati, sebab pelayanan Disdukcapil merupakan pelayanan langsung kepada masyarakat. NIK menjadi sebuah dokumen yang sangat penting yang harus dimiliki setiap warga negara untuk bisa mendapatkan fasilitas kesehatan, pendidikan, sosial dan lainnya,” tuturnya.
Ia menuturkan, Bupati memerintahkan Disdukcapil Keerom harus bekerja cepat, tanggap dan memiliki pelayanan Prima melayani seluruh masyarakat.
“Oleh karena itu Bupati menyampaikan bahwa Kantor disdukcapil harus berada di jalan utama yang terjangkau oleh masyarakat, pemerintahan yang baik adalah data kependudukan sehingga pemerintah harus hadir untuk memberikan hak konstitusi kepada seluruh masyarakatnya,” ungkapnya.
Kegiatan yang dilaksanakan dalam program GEMAKESA diantaranya, Perekaman langsung E-KTP di kampung-kampung dan dokumen lainnya dengan mobil pelayanan ‘Terkam (terobos kampung) Dukcapil, Nikah massal, dan sosialisasi tentang pentingnya Adminduk, serta akan juga dilaksanakan kegiatan ‘Minggu Berkat’ (seminggu Bersama Rakyat) dimana DIsdukcapil akan hadir di DIstrik-Distrik selama seminggu melakukan kegiatan perekama E- KTP dan pelayanan dokumen lainnya.
(@mrizul / Journal News.Id)