Daerah

Anggota TNI Satgas Citarum Harum Sektor 12 Rela Berenang di Waduk Cirata Bersihkan Hamparan Gulma Eceng Gondok

5459
×

Anggota TNI Satgas Citarum Harum Sektor 12 Rela Berenang di Waduk Cirata Bersihkan Hamparan Gulma Eceng Gondok

Sebarkan artikel ini

JOURNAL NEWS || Anggota TNI yang tergabung dalam satuan tugas (Satgas) Citatum Harum Sektor 12 Subsektor 4 Mande nampak tengah melakukan pembersihan hamparan gulma eceng gondok di Dermaga Coklat, Kampung Pangkalan, Desa Cikidangbayabang, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis, (22/2/24).

Aksi pembersihan tanaman air yang kerap menghambat mobilitas para petani keramba jaring apung tersebut dilakukan demi menjaga kebersihan Waduk Cirata.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Meski dengan alat seadanya satgas citarum harum tetap melakukan pengangkatan eceng gondok hingga rela menyelam di waduk tersebut.

Dansektor 12 Citarum Harum Sektor 12, Kolonel Kav. Bokiyar melalui Dansubsektor 4 Mande, Pelda Dedi mengatakan, bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan Satgas Citarum demi mengembalikan kualitas air di Waduk Cirata.

” Pada hari Kamis 22 Februari 2024 sekitar pukul 08.00 Wib, Satgas Citarum harum Sektor 12 Subsektor 4 Mande, Melaksanakan Apel pagi di lanjutkan Giat Karbak Pengangkatan Eceng Gonok di Dermaga Coklat,” kata Pelda Dedi.

Pelda Dedi menambahkan jika gulma efeng gondok yang diangkat dari genangan 2aeuk cirata kemudian dibuang ketempat yang telah disiapkan sebelumnya.

” Kegiatan pengangkatan sampah dan gulma eceng gondok ini setiap hari kami lakukan demi menjaga ekosistem di waduk cirata,” tambahnya.

Pelda Dedi juga menyampaikan bahwa setelah melaksanakan pembersihan di genangan waduk cirata pihaknya juga melakukan sosialisasi kepada warga Kampung Pangkalan Rt 03 Rw 05 Desa Cikidangbayabang tentang program citarum harum.

” Setelah itu kami nelanjutkan kegiatan sosialisasi kepada warga setempat mengenai program cutarum harum. Hal itu kami lakukan agar warga semakin mengetahui dan mengerti program pemerintah ini,” ungkapnya.

Ia juga menerangkan jika kebersihan di genangan waduk cirata adalah tanggung jawab bersama. Maka dari itu ia berpesan agar apa yang telah dilakukan satgas citarum harum juga dapat dilakukan oleh warga.

” Agar manfaat waduk cirata ini terus dirasakan oleh kita, mari kita jaga kebersihannya, dan apa yang satgas lakukan diharapkan dapat menjadi contoh bagi warga khususnya mereka yang beraktivitas dan memanfaatkan genangan waduk cirata ini,” harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *