Daerah

Para Petani Jagung Kampung Wonorejo Terima Bantuan Dana Tali Asih Dari Bupati Keerom

9889
×

Para Petani Jagung Kampung Wonorejo Terima Bantuan Dana Tali Asih Dari Bupati Keerom

Sebarkan artikel ini

Journal News.id // Sebanyak 31 petani jagung Kampung Wonorejo pemilik lahan Area Food Estate Jagung Keerom menerima bantuan dana tali asih masing- masing senilai Rp 2 juta dari Bupati Keerom Piter Gusbager S.Hut, MUP, Selasa (31/10/23) bertempat di Lahan jagung Zona 3, Kawasan Food Estate Papua, Kampung Wambes, Kabupaten Keerom.

Tercatat puluhan kali orang no 1 Kabupaten Keerom itu disela kesibukannya tanpa lelah hadir ditengah-tengah masyarakat petani jagung memberikan dukungan dan motivasi.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Semua ini kita lakukan pertama untuk memastikan lumbung jagung Keerom ini berjalan sesuai harapan Pak Presiden RI Jokowi, karena lumbung jagung ini akan menjadi bagian dari ketahanan pangan nasional,” kata Bupati Gusbager dihadapan para petani Kampung Wonorejo.

Bupati Keerom menegaskan bahwa Jagung adalah salah satu tanaman pangan yang harus diseriusi.

“Kedepan kita akan fokuskan jagung untuk pakan ternak sesuai arahan Presiden RI, dari 500 hektar awal program Food Estate Jagung Keerom akan disiapkan untuk suplay kebutuhan jagung di tanah papua,” ujarnya.

Lanjut Bupati Piter Gusbager menjelaskan bahwa Kawasan Food Estate Keerom sudah masuk dalam rencana tata ruang Kabupaten Keerom dan selanjutnya akan ditetapkan sebagai
produk daerah dalam Perda RTRW.

“Bagian dari suksesnya program Food Estate Jagung Keerom dan ditangan kita semua termasuk para petani, dengan harapan seluruh petani jagung memahami dan bersama- sama mendukung jagung. Kedepan dengan kemandirian petani akan menghasilkan peningkatan ekonomi masyarakat,” tuturnya.

Tambahnya, di tahun 2024 pemerintah pusat memberikan dukungan anggaran sebesar Rp19 miliar ditambaha DAU untuk Food Estate Jagung Keerom, termasuk jalan usaha tani, irigasi pertanian dan petani.

Sementara itu, Kepala Kampung Wonorejo, Matheus Wey mengapresiasi inisiasi Bupati Keerom menghadirkan program Food Estate Jagung bagi masyarakat di Distrik Mannem dan Arso Timur.

“Ini bagian dari jawaban pemerintah atas kesulitan ekonomi masyarakat, para petani menyambut baik, siap dan semangat untuk menanam”, pungkasnya.

Pada kegiatan tersebut turut hadir diantaranya,
Plt. Kepala Dinas Pertanian Keerom, David Kalo, S.Hut., Kepala Distrik Mannem, Elisabet Abaar, Kepala Kampung Wonorejo, Matheus Wey, Penyuluh Pertania, Petani kampung Wonorejo, dan masyarakat.

(@mrizul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *