Daerah

Kegiatan P3-TGAI SALUYU Desa Pekurun Barat Dilaksanakan Secara Swakelola.

6669
×

Kegiatan P3-TGAI SALUYU Desa Pekurun Barat Dilaksanakan Secara Swakelola.

Sebarkan artikel ini

journalnews.id- Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) yang berlokasi di Pekurun Barat Kecamatan Abung Tengah Kabupaten Lampung Utara, dilaksanakan secara swakelola oleh masyarakat setempat.

Hal itu mengacu pada petunjuk pelaksanaan dan teknis yang ada karena memang program tersebut merupakan program infrastruktur berbasis masyarakat dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).
Terlaksananya program tersebut di Desa Pekurun Barat kecamatan Abung Tengah pun mendapat apresiasi dari masyarakat setempat, yang mengucapkan terima kasih atas bantuan peningkatan jaringan irigasi di Desa Pekurun Barat tersebut yang bersumber dari dana APBN tahun 2023 dengan biaya Rp.195.000.000 dengan tim pelaksana P3A Saluyu yang dilaksanakan secara swakelola.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Seperti inilah proyek itu yang kami inginkan, kami secara swakelola membangunnya sehingga dapat dipastikan kualitasnya akan jauh lebih baik karena kami bukan lembaga yang mencari keuntungan,” ujar Ketua kelompok P3-TGAI SALUYU Desa Pekurun Barat kecamatan Abung Tengah Saripudin.

P3-TGAI SALUYU ini merupakan salah satu bentuk perkumpulan petani dengan kegiatan yang dikhususkan pada pengelolaan dan pembagian air irigasi secara merata dan adil.
Dengan adanya kelompok P3-TGAI SALUYU ini, penggunaan air irigasi menjadi lebih efisien sehingga sangat membantu petani pemakai air Desa Pekurun Barat kecamatan Abung Tengah.
Lebih jauh Saripudin, menerangkan, selain sebagai kelompok penggunaan air irigasi
P3-TGAI SALUYU yang dipimpinnya juga berupaya meningkatkan ilmu para anggotanya dengan berbagai pelatihan cara bertani terutama dalam pengelolaan air dan irigasi untuk keperluan pembangunan sektor pertanian.

Di tempat yang sama bendahara P3A kelompok tani Saluyu EMI ARISANDI menyampaikan kepada awak media bahwasanya pekerjaan tersebut dikerjakan secara swakelola dan insyaallah pekerjaan tersebut sesuai dengan RAB yang ada dan kami pun mengutamakan kualitas dikarenakan masyarakat khususnya petani sawah sangat membutuhkan irigasi tersebut tutupnya.

(ABUNG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *