Scroll untuk baca artikel

Daerah

Jaga Stok Darah Tetap Stabil Dibukan Ramadhan, UDD Bersama KBLU Lampura Gelar Kegiatan Donor Darah Sukarela

328
×

Jaga Stok Darah Tetap Stabil Dibukan Ramadhan, UDD Bersama KBLU Lampura Gelar Kegiatan Donor Darah Sukarela

Sebarkan artikel ini

KOTABUMI – JournalNews
Jaga stok darah tersedia Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lampung Utara (Lampura) bersama Komunitas Berbagi Lampung Utara (KBLU) mengadakan kegiatan Donor Darah sukarela di halaman kantor UDD Kabupaten setempat, Sabtu (2/3/2024).

Kegiatan itu dilaksanakan mengingat menjelang bulan Ramadhan stok darah di UDD PMI Lampura telah mulai menipis sehingga diperlukanya kegiatan ini guna menunjang stok darah tetap tersedia untuk memenuhi kebutuhan warga masyarakat yang membutuhkan.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Kepala UDD PMI Lampura dr. Aida Fitria Sumbandi., M.kes menjelaskan pada kegiatan donor darah hari ini target yang kita inginkan sebanyak 500 pendonor, akan tetapi pas waktu pelaksanaan terjadi peningkatan berkisar hampir 600 pendonor yang hadir secara sukarela.

Dirinya menambahkan tujuan utama kita dalam kegiatan donor darah sukarela ini guna menambah stok darah di UDD dan juga mengingat hampir dua bulan ini terjadi wabah Demam Berdarah Denque (DBD).

“Melalui pemeriksaan medis tentunya dapat menyimpulkan hasil tes itu sendiri apakah ada pendonor yang terkena wabah DBD,” Kata wanita yang merupakan Direktur RSUD HM. Mayjen Ryacudu kepada awak media.

Disela – sela kegiatan tersebut ia menjelaskan bahwa stok darah yang ada di UDD Lampura dari bulan Januari telah menipis, maka dari itu kami berinisiatif menggelar acara donor darah sukarela, dan Alhamdulillah antusias warga begitu besar sehingga kemungkinan stok darah yang diperoleh hari ini berkisar mencapai

“Kebutuhan stok darah di UDD dalam kurun waktu satu bulan berkisar delapan ratus sampai dengan seribu kantong untuk satu bulan,” Tambahnya.

Dikatakanya, peran dari KBLU diacara donor darah kali ini sangat begitu besar dan terasa sangat membantu kami dalam mencari stok darah. “Terima kasih saya ucapkan kepada KBLU yang membantu kami,” Tungkasnya.

“Untuk di Lampung Utara ini sendiri kami telah mempunyai pendonor tetap sekitar 700 orang yang ketika dibutuhkan mereka semua bersedia kapan pun diperlukan sesuai jenis dari golongan darah yang dibutuhkan,” Tutur Ida salah satu personil dari KBLU.

Para pendonor tersebut bisa dikatakan kader PMI Lampura yang telah lama menjalin kerja sama dengan kita demi membantu warga yang membutuhkan darah untuk pasien, Sambungya.

Masih diutarakan pengurus KBLU itu bahwa komunitasnya juga membuka dompet donasi bagi warga yang ingin membantu antara sesama meringankan beban saudara – saudara kita yang tengah terkena bencana atau musibah, Pungkasnya. (Bambang/Yudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *