Daerah

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Dengan Tema “Kearifan Lokal” Batik Motif Abstrak SDN TEGALDOWO

88
×

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Dengan Tema “Kearifan Lokal” Batik Motif Abstrak SDN TEGALDOWO

Sebarkan artikel ini

JAWA TENGAH /_P5 yang merupakan singkatan dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan bagian dari Kurikulum Merdeka. P5 adalah kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan.

Profil pelajar Pancasila dirancang untuk menjawab satu pertanyaan besar, yakni peserta didik dengan profil (kompetensi) seperti apa yang ingin dihasilkan oleh sistem pendidikan Indonesia.
Suparni S.Pd.SD Selaku Kepala Sekolah SDN Tegaldowo yang terletak di Desa Tegaldowo Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan ketika diwawancarai aleh awak Media Journalnews bahwa kegiatan ini bertujuan mendukung kreatifitas anak didik yang sangat heterogen.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Kreatifitas anak yang hetrogen ini ditangkap dan dikemas serta dibimbing oleh guru-guru dan diarahkan menjadi sebuah kreatifitas anak-anak.”terangnya.

Pendidikan yang diterapkan SDN Tegaldowo Kabupaten Pekalongan juga termasuk memfasilitasi kreatifitas dan ide serta minat dan bakat siswa untuk kita bimbing serta arahkan dengan SDM yang ada.

 

“Harapanya setelah anak-anak kita lulus dari SDN Tegaldowo dapat dijadikan untuk bekal keterampilan.”urainya.

Adapun visi Pendidikan Indonesia adalah mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya pelajar Pancasila.

Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama: 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, 2) berkebinekaan global, 3) bergotong royong, 4) mandiri, 5) bernalar kritis, dan 6) kreatif.

SDN Tegaldowo menerapkan kurikulum merdeka bagi siswa/siswi. Untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dengan terciptanya pelajar Pancasila, SD Tegaldowo juga melaksanakan P5 tema yaitu kearifan lokal
Tema kearifan lokal melalui kegiatan membatik 14 September 2023. Mengapa memilih batik? Karena batik merupakan warisan dunia dari negara Indonesia dan menjadi ciri khas dari budaya Indonesia.

Pada kegiatan membatik ini, SD Tegaldowo menggunakan Tangan dengan kain di likat kemudian dikeringkan sehingga nampak corak motif yang bagus dengan perpaduan warna yang serasi yang merupakan ciri khas batik Jawa Tengah Untuk motif dan warna yang Khas

siswa bebas memilih untuk berkreasi dan semua siswa ikut berperan aktif pada kegiatan membatik ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *