Berita

Kecamatan Kapetakan adakan Wawasan Kebangsaan dengan tema” Pengembangan Potensi Ekonomi Kecamatan”

75
×

Kecamatan Kapetakan adakan Wawasan Kebangsaan dengan tema” Pengembangan Potensi Ekonomi Kecamatan”

Sebarkan artikel ini

Journal News. Id. Cirebon, -Wawasan kebangsaan di Kecamatan Kapetakan mengangkat tema yaitu pengembangan potensi ekonomi di laksanakan di Aula Kecamatan Kapetakan,Kabupaten Cirebon,Jawa barat senin, 3/4/2022.

Hadir dalam acara tersebut Camat Kapetakan Drs.R.Udin Kaenudin,M,si ,dari anggota DPRD Kabupaten Cirebon yaitu Ketua DPRD Kabupaten Cirebon Luthfi S,T M,si Pawas dari partai PKS, Munawir dari Partai Nasdem, Danlanal cirebon Kapten Mar.Surakman dan para kuwu Kecamatan Kapetakan, acara tersebut berjalan tertib dan menerapkan protokol kesehatan.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Ketua DPRD Kabupaten Cirebon dari partai PKB Luthfi S,T, M,si mengatakan bahwa membangun potensi di suatu wilayah harus searah dan sinergi antara pihak pemerintah Kabupaten dengan Camat ,dan dibutuhkan kecerdesan serta kecerdikan sehingga tidak terpaku kepada suatu anggaran, karena walaupun tidak ada anggaran tapi pembanginan bisa jalan dengan SDM yang ada,”kata Luthfi.

” Isi daripada pembahasan wawasan kebangsaan ini adalah bagaimana caranya pembangunan di Kecamatan Kepetakan bisa diakselerasi terutama potensi kelautan dan potensi pariwisatanya,”tegasnya.

Masih menurutnya, bahwa Kita butuh untuk mendorong pergerakan ekonomi di Kecamatan kapetakan supaya pengangguran bisa dikurangi melalui penciptaan kesempatan kerja baik sektor pormal maupun inpormal, sehingga kemiskinan bisa terurai dan Kecamatan Kapetakan bisa lebih maju kedepan, ” ujar Luthfi tersebut.

” Poin-poin yang perlu di beresi adalah .aksesibilitas yang perlu di bangun terutama yang menuju destinasi wisata dan insfrastruktur penunjangnya yang terkait industri perikanan maupun pariwisata tersebut,”pungkasnya.

Lhutfi menambahkan bahwa kalau di sektor perikanan yang perlu di butuhkan yaitu normalisasi jalur sungai sedangkan di sektor pariwisata adalah aksesibilitas,”ucapnya.

” upaya dari DPRD Kabupaten Cirebon sendiri yaitu mendorong pada kecamatan Kapetakan agar rencana induk pariwisata kepetakan harus di buat dan industri perikanan juga harus didesain sepuluh tahun kedepan,setela itu baru nanti kita masukan dalam prioritas sektor yang mau kita dorong dimasa-masa yang akan datang di Kecamatan Kapetakan,” ungkapnya.

Kita tidak mungkin terlalu mengandalkan anggaran, yang perlu kita lakukan adalah innovasi dan trobosan , karena kalau kita bicaranya soal anggaran sampai kapanpun pembangunan tidak akan jalan,”tandas Luthfi.

Sementara Camat Kapetakan Drs.R.Udin Kaenudin, M,si mengatakan bahwa acara ini merupakan program dari Pemda kabupaten Cirebon tentang waeasan kebangsaan yang mengangkat tema ‘pengembangan potensi ekonomi Kecamatan Kapetakan’,”ungkapnya
” Yang perlu dilakukan bagaimana ekonomi di wilayah kecamatan maju,karena ujung-ujungnya ekonomi,” tegas camat Kaenuin tersebut.

Udin Kaenudin juga mengatakan bahwa untung majunya ekonomi di wilayah kecamatan kapetakan, kita harus tahu dulu bagaimana potensi wilayah kecamatan kapetakan dan baru ada kemauan untuk membangun,ada tidak kemauan untuk membangun wilayah kecamatan kepetakan dengan semua elemen bukan hanya mengandalkan pemerintah tapi semua komponen masyarakatnya ,dunia usahanya,yaitu satu arah untuk memajukan kecamatan kapetakan ini,”ungkap Camat Kaenudin.

” Kita menimbulkan kepedulian bersama,kesadaran bersama potensi apa yang ada di desa kita kembangkan untuk meningkatkan dan mendongkrak perekonomian di wilayah setempat,” ujarnya.

Masih menurutnya, kita contohkan di bungko yang mempunyai potensi alam kita kembangkan sebagai destinasi wisata bahari seperti kuliner dengan mempotensikan ikan , kita coba majukan wilayah sendiri,”kata camat Udin Kaenudin.

” Kita jangan bicara anggaran dulu tapi kemauan dulu dan cari terobosan,sehingga pemerintah mau melirik dan ahkirnya mau menganggarkan begitupun dunia usaha,”tukasnya.

Kami berharap kecamatan Kapetakan lebih baik dan lebih maju dengan segala potensi yang ada di wilayah kecamatan Kapetakan ,”harapnya.

Laporan: Sana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *