Ragam

Cikundul Akan Jadi Lokasi Program Presiden Dalam Rangka Bersih Bersih Sungai Serentak Se – Indonesia

×

Cikundul Akan Jadi Lokasi Program Presiden Dalam Rangka Bersih Bersih Sungai Serentak Se – Indonesia

Sebarkan artikel ini

JOURNALNEWS – Dalam rangka melaksanakan peraturan presiden ( Perpres ) no 15 Tahun 2018, Satgas Citarum Harum Sektor 12 Bersama Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cianjur, dan Para Intansi terkait lainnya, melaksanakan Rapat Koordinasi mengenai Program persiden dalam Kegiatan bersih – bersih sungai se – Indonesia secara serentak.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup ( DLH ) Kabupaten Cianjur, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut akan dimulai pada hari Kamis mendatang.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

” Iya, sebagai mana dijelaskan pada rapat koordinasi di Desa Gudang, bahwa hari Kamis besok pak Presiden ( Joko Widodo ) akan melakukan pembersihan sungai Ciliwung di Depok, dan beliau mengintruksikan juga untuk pembersihan di seluruh provinsi yang semuanya ada 18 provinsi salah satunya Jawa Barat, dan untuk di Cianjur sendiri saat ini berkumpul dan nanti hari Kamis sudah mulai action dengan membersihkan sungai ( Cikundul ) dari mulai hilir ke hulu sampai beberapa Kilo meter,” katanya.

Yudi juga mengatakan bahwa selain pembersihan sungai pihaknya akan melakukan penanaman Pohon, penanaman bibit ikan, dan juga akan menggelar pelayanan Vaksinasi Covid – 19.

Yudi juga menjelaskan bahwa kegiatan tersebut selain bersama Satuan tugas Citarum Harum juga akan melibatkan semua unsur pemerintahan dan masyarakat namun dengan pembatasan masa.

” Mungkin kita tidak akan melibatkan banyak masa karena masih dalam kondisi Pandemi dan kami akan lakukan dengan protokol Covid – 19 yang sangat ketat,” tutupnya Menjelaskan.

Hal Senada diungkapkan Komandan Citarum Harum Sektor 12, Kolonel CZI. Suyatrinu Wardedi, ia mengatakan bahwa dalam rangka melaksanakan kegiatan seremoni bersih bersih sungai, pihaknya telah melakukan peninjauan lokasi demi kelancaran kegiatan tersebut.

” Iya, setelah melakukan rapat koordinasi, kami melakukan peninjauan sungai Cikundul yang akan dijadikan lokasi kegiatan seremoni bersih bersih sungai dan alhamdulilah kegiatannya berjalan aman, hal ini kami lakukan demi kelancaran acara seremoni tersebut,” kata Dansektor.

Kolonel CZI. Suyatrinu Wardedi juga mengataka bahwa sangat berterimakasih kepada para Intani dan Masyarakat Kabupaten Cianjur yang telah menyambut baik kegiatan Seremoni tersebut.

” Alhamdulilah Masyarakat Kabupaten Cianjur sangat menyambut baik kegiatan ini, dan mudah mudahan kegiatan ini dari mulai sekarang peninjauan dan nanti selesai akan berjalan dengan aman dan mencapai hasil yang maksimal,” ujarnya.

Disinggung terkait pemilihan lokasi kegiatan, Dansektor 12 Citarum Harum, Kolonel CZI. Suyatrinu Wardedi mengatakan bahwa dari banyaknya sungai di Wilayah Sektor 12, ia memilih sungai Cikundul karena aliran sungai tersebut telah melewati beberapa kecamatan dan langsung bermuara kewaduk Cirata, maka dari itu Dirinya melikih Cikundul untuk dijadikan Lokasi Program bersih bersih serentak tersebut.

” Saya memilih sungai Cikundul ini sebetulnya banyak sungai sungai lain yang terlihat bersih, mudah didatangi, tapi saya lebih spesifik melihat sungai Cikundul ini, karena aliran sungai Cikundul ini datang dari sekitaran gunung gede dan melintasi dua kecamatan dan langsung bermuara ke Waduk Cirata, dan satu kecamatan di Cikalongkulon ini sendiri sungai Cikundul melintasi lima Desa, dan sungai Cikundul ini cukup luas dan sebagai sentra nantinya agar sungai ini bersih dan tidak membawa limbah ke waduk sehingga kami bersama masyarakat memilih sungai ini sebagai lokasi kegiatan Seremoni bersih bersih tersebut,” terangnya.

Dansektor berharap dengan adanya kegiatan tersebut, masyarakat dapat merawat dan melestarikan apa yang telah dilakukan oleh pemerintah.

” Harapan kami dengan adanya kegiatan ini, masyarakat dapat tersentuh hatinya dan dapat menjaga, merawat lingkungan sekitaran sungai, sehingga sungai menjadi bersih dan untuk sungai Cikundul ini saya berharap kedepannya akan menjadi area Wisata yang sangat indah nantinya,” harapnya.(Andri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *